Thursday, May 3, 2007

resensi film....

'KALA', Misteri di Balik Penantian Sang Ratu Adil

Lihat Gambar

Pemain: Fachri Albar, Shanty, Fahrani, Ario Bayu

Ini adalah film kedua dari sutradara Joko Anwar. Sebuah thriller yang menggunakan style film noir. Joko kembali bekerja sama dengan cinematographer Ipung Rahmat Syaiful dan sekelompok kru film yang telah memenangkan beberapa penghargaan.


Film pertama Joko Anwar, Janji Joni, sukses secara komersial dan mendapat pujian dari kritikus dalam dan luar negeri dan berhasil menembus 30 festival film internasional bergengsi termasuk di Tokyo, Pusan, Barcelona, Hong Kong, dan Seattle. Janji Joni juga terpilih sebagai film terbaik 2005 oleh majalah TEMPO dan Joko mendapat nominasi untuk Emerging Filmmaker Award di New York Asian American Film Festival.

KALA di-shoot selama 31 hari di 27 lokasi di empat kota. Sebagian besar lokasi adalah di Kota Lama, Semarang, di mana bangunan-bangunan didirikan oleh Belanda dan tetap dipertahankan sebagaimana aslinya.

Fachri Albar, 26, yang berperan sebagai jurnalis penderita narkolepsi bernama Janus. Ario Bayu, 22 tahun, memerankan karakter yang jauh lebih tua dari usianya, polisi detektif bernama Eros. Ini adalah penampilan perdana Ario Bayu di peran utama.

Fahrani sebelumnya dikenal sebagai model internasional. Diajak Joko Anwar bermain sebagai Ranti setelah Joko melihat penampilannya yang mengagumkan dalam sebuah FTV.

Shanty yang sebelumnya mendapat pujan untuk penampilannya dalam Berbagi Suami, di sini berperan sebagai istri Janus bernama Sari.

Film ini menceritakan seorang polisi bernama Eros (Ario Bayu) yang tengah menyelidiki kasus kematian lima laki-laki yang dibunuh oleh massa.

Seorang jurnalis bernama Janus (Fachri Albar) juga meliput insiden itu untuk korannya.

Mereka hidup di negeri yang sedang dibayangi kekacauan: kekerasan, bencana alam, ketidakadilan.Sebagian masyarakat semakin lama semakin ganas.

Sebagian lagi menunggu seseorang yang disebut-sebut sebagai "Ratu Adil", pemimpin yang akan membawa negeri mereka keluar dari bencana

Tanpa mereka sadari, Eros dan Janus terjebak dalam sebuah labirin penuh misteri dan bahaya. Janus tak sengaja menjadi satu-satunya orang yang mengetahui sebuah rahasia penting.

Setiap kali dia menceritakan rahasia itu kepada orang lain, orang itu mati dengan mengerikan. Saat Eros juga mengetahui rahasia itu, Janus dan Eros tahu bahwa salah satu dari mereka harus mati. Kecuali jika mereka berhasil menemukan Ratu Adil sebelum malaikat pencabut nyawa datang.

No comments: